Home » , , » Tips Aman Mudik Lebaran 2012

Tips Aman Mudik Lebaran 2012


Mudik memang sudah menjadi tradisi bagi masyarakat Indonesia. Apalagi mudik dilakukan secara konvoi atau iring-iringan, ini yang menjadikan mudik menjadi sesuatu yang menyenangkan. Tapi, bila tidak disiapkan dengan baik, bisa jadi mudik ini menjadi suatu malapetaka bagi pengendaranya.
Berikut kami sajikan 15 tips agar para pemudik aman sampai tujuan:

1. Periksa kendaraan Anda, apakah sudah layak jalan dengan medan yang begitu jauh. Jika belum segeralah untuk di service agar perjalanan mudik tidak terganggu dengan masalah kendaraan yang Anda tumpangi.

2. Pastikan surat-surat kendaraan  seperti STNK maupun SIM,  apakah masa berlakunya sudah habis atau masih berlaku. Bila masa berlakunya sudah habis, biasanya akan membuat konsentrasi pengendara terpecah. Maka, segeralah melakukan perpanjangan sebelum Anda berangkat mudik.

3. Jika Anda  pemula atau baru pertama kali melakukan perjalanan mudik, alangkah baiknya jika Anda banyak bertanya kepada teman mengenai rute mana yang baik untuk di lalui serta kapan dan di mana harus istirahat yang baik. Sehingga perjalanan Anda lancar dan tidak ada kendala.

4. Lengkapi peralatan untuk dibawa, seperti pengedara motor dengan helm dan jaket serta kunci-kuncinya dan jangan lupa bawa cadangan busi. Sedangkan untuk mobil, lengkapi dengan safety belt, senter, peralatan mobil standar seperti kunci roda, dongkrak, segitiga pengaman, kotak obat P3K, dan lain-lain.

5. Muatilah kendaraan Anda dengan standar kapasitas, baik motor maupun mobil. Jika Anda melewati kapasitas itu, baik orang, barang, maupun oleh-oleh, maka akan menggangu kenyamanan Anda dalam mudik kekampung halaman.

6. Jangan ngebut di jalan, gunakanlah kecepatan sedang dan tidak usah terpancing untuk ikut-ikutan dengan pengendara lain yang ingin mendahului.  Ingat keselamatan lebih penting dari apapun.

7. Sediakan uang recehan Rp 500 atau Rp 1000, jika Anda mau memberikan untuk orang yang  minta-minta maupun  tempat ibadah,  di samping itu juga bisa untuk uang parkir kendaraan Anda.

8. Sediakan juga makanan dan minuman kecil dalam perjalanan Anda.

9. Gunakanlah fasilitas informasi di internet apakah jalur yang Anda akan lalui akan macet parah atau tidak. Jika terjadi macet parah lebih baik mencari jalur alternatif, biar rutenya agak jauh tetapi perjalanan Anda tetap lancar.

10. Sabar jika terjadi kemacetan, tetap konsisten gunakan lajur kiri. Jangan sekali-kali menggunakan jalur kanan, karena hanya membuat kemacetan menjadi parah.

11. Jika Anda lelah atau mengantuk segera hentikan kendaraan Anda dan  segera beristirahat. Jangan pernah memaksakan diri Anda jika terjadi seperti itu, karena sangat berbahaya. Bersikaplah rasional untuk menjaga keselamatan.

12. Jika Anda merasa lapar, warung makan atau restoran tersedia 24 jam sepanjang perjalanan.

13. Kendaraan Anda jika ada gangguan, bengkel siaga tersedia 24 jam pada H-7 sampai H+7.

14. Pos polisi simpatik siaga selama 24 jam. Gunakan posko-posko tersebut saat membutuhkan informasi.

15. Ini yang terakhir jangan lupa berdoa sebelum berangkat karena Anda tidak tahu apa yang terjadi kedepannya. Maka tidak ada salahnya  kalau Anda berdoa minta perlindungan kepada Tuhan yang Maha Kuasa agar diberikan keselamatan dalam perjalanan mudik.

Semoga Anda selamat sampai tujuan dan bertemu keluarga besar di kampung halaman.

Share this article :

+ komentar + 2 komentar

8:47 PM

ok mantap
http://gammy.mywapblog.com/inilah-bisnis-terbaik-masa-depan-no-1-di.xhtml

10:50 AM

Saya ndak pernah mudik mas, keluarga pada ngumpul di kampung, tp baguslah tips ini utk mrk yg ada di luar kota.

Poskan Komentar