Home » » Dongeng Pada Anak Tanamkan Nilai Moral dan Karakter

Dongeng Pada Anak Tanamkan Nilai Moral dan Karakter




blogku-007 - Sajian dongeng atau cerita khayalan kepada anak dianggap menjadi salah satu cara efektif menanamkan nilai moral dan karakter. Sebab, setiap anak dapat mengambil hikmah maupun pesan moral yang sangat kuat didasari antusiasme mendengarkan sebuah cerita.

”Setiap pendongeng harus mampu menunjukan nilai positif dalam cerita. Meski bercerita tentang kancil nyolong timun, namun tidak menggambarkan kelicikannya akan menjadi baik. Sebab, setiap cerita itu bagus,” kata sekretaris Disdikpora Karanganyar, Agus Haryanto dalam sambutan saat acara Indonesia Mendongeng di Masjid Agung Karanganyar, Kamis (25/12).

Acara yang serentak digelar di 16 kota besar Tanah Air tersebut diikuti 1.500 anak TPQ dari berbagai wilayah Bumi Intanpari seperti Tasikmadu, Karangpandan, Jaten, maupun Mojogedang. Dalam gelaran kedua tersebut, juga bersamaan berlangsung di 28 titik se-Solo Raya.

Agus menjelaskan, dengan penerapan yang benar, sebuah dongeng menjadi media menanamkan nilai karakter dalam diri anak secara alami. Sebab itu, setiap keluarga maupun tenaga pendidik perlu membudayakan dan menciptakan suasana dongeng setiap saat kepada sang anak.

Lanjut Agus, dongeng bisa menarik lantaran anak mengambil pelajaran saat senang dan merasa terhibur. Sebab, anak yang cerdas tidak hanya masalah intelektual saja tapi juga budi luhur.

”Dongeng adalah sesuatu yang penting bagi anak, namun sayang saat ini banyak orang tua yang tak lagi mendongeng untuk anaknya. Sehingga kami berharap budaya mendongeng kembali ditingkatkan, minimal di dalam keluarga,” tuturnya.

Perwakilan Indonesia Mendongeng Karanganyar, Iswadi berharap ada perhatian dari pemerintah terhadap keberadaan Indonesia Mendongeng. Sebab, selama ini kegitan berjalan dari swadaya anggota dan para relasi yang turut membantu agar acara tersebut dapat terlaksana.

”Selain sebagai ajang silaturahmi anak dan mengasah kreativitas anak, karena selain ada dongeng anak-anak juga unjuk kebolehan seni teater juga,” pungkas Iswadi.

sumber: http://berita.suaramerdeka.com/
Share this article :

Poskan Komentar