Home » , , , » Tips Merubah Bahasa Pada GTA San Andreas

Tips Merubah Bahasa Pada GTA San Andreas

Pada tips kali ini, kita akan mencoba mengedit bahasa di game GTA San Andreas Playstation 2.
Sebenernya untuk versi bahasa Indonesia dari game GTA ini, udah lama beredar dan sampai sekarang saat tips ini ditulis, masih banyak diminati oleh orang", bukan karena pengaruh bahasanya aja yang udah dirubah, tapi karena memang game GTA ini punya daya tarik tersendiri yang memberikan kebebasan kepada pemain sesuka hati berbuat apa aja yang diinginkan, ditambah lagi dengan cheat game yang bisa membuat pemain semakin ketagian untuk memainkannya.

Dan pada tips kali ini saya mencoba merubah bahasa GTA ini yang memang sudah dirubah sebagian bahasanya ke bahasa Indonesia, agar kita bisa memodifikasi lagi bahasa dalam game GTA ini sehingga orang yang memainkannya semakin ketagian dan merasa terhibur dalam memainkannya.

Kita bisa merubah lagi dari bahasa Indonesia kebahasa yang lebih kocak atau seperti pada trik ini saya rubah kebahasa daerah.

Untuk lebih jelasnya, kita mulai aja tipsnya.

Pertama-tama extract GTA San Andreas ke PC dan jika sudah file" akan seperti gambar dibawah ini,


Setelah itu buka GTA Text Editor, dan tampilan pertamanya seperti gambar dibawah ini,


Setelah itu klik File trus klik Open, dan browse kefolder dimana file" GTA SA di extract dan masuk ke folder TEXT dan klik AMERICAN.GXT, seperti pada contoh gambar dibawah ini,


Klik Open dan akan seperti gambar dibawah ini,


 Setelah itu tinggal diganti tulisan yang ada di sebelah kanan.
Yang perlu diperhatikan dalam mengganti tulisan adalah, pada sebagian teks terdapat kode seperti ~h~, dan kode lainnnya yang ditandai dengan karakter ~, maka yang diganti adalah tulisan sebelum atau sesudah kode tersebut, dan biarkan kode tersebut seperti format sebelumnya.


Cara mengganti bahasanya sangat mudah, tinggal mengganti aja tulisan yang ada dengan bahasa yang artinya sesuai dengan maksud bahasa aslinya.

Pada contoh ini saya mengganti pesan Busted, pesan ini muncul pada saat pemain ketangkap sama polisi, maka supaya pesannya lebih variatif dan bisa juga dimengerti oleh orang yang main, maka tulisannya saya ganti dengan Mampus Loe. untuk mempermudah mencari kata Busted, kamu bisa mencarinya dengan menggunakan bantuan find dengan mengklik gambar teropong lalu masukkan kata kuncinya. setelah itu akan muncul seperi gambar di bawah ini,


Setelah kata Busted ketemu, kita tinggal merubah tulisan yang disebelah kanan menjadi Mampus Loe seperti gambar di bawah ini :


Untuk kata yang lainnya cara sama. Jika sudah tidak ada lagi tulisan yan mau diganti, maka sekarang kita save tulisan yang sudah kita edit dengan mengklik File trus klik Save dan akan seperti gambar dibawah ini,


 Save kembali dengan nama AMERICAN.GXT, setelah itu klik Save.

Setelah itu tinggal kita rebuilt kembali file" GTAnya menjadi file ISO, dan selanjutnya tinggal diinstal ke harddisk PS2 dengan Winhiip bagi penggguna HDLoader dan USBUtil bagi pengguna USBAdvance.

CARA DOWNLOAD
Anda akan diarahkan ke adf.ly kemudian tunggu 5 detik dan klik pada tombol SKIP AD yang berada di sebelah kanan atas monitor anda.

Share this article :

+ komentar + 12 komentar

Anonim
6:11 PM

uploadtin donk di sini saya kepengen banget tuh indonesian.gxt nya

admin
1:56 PM

Admin To Anonim

Waduh.. kalo diuplod di sini repot donk gua..
harus edit dulu kata demi kata...
soalnya banyak kata yang harus diganti..

tutorial di atas hanya sebagai contoh saja, jika sobat pingin ganti semua tulisannya ke dalam bahasa indonesia silahkan saja yang pasti butuh kesabaran soalnya banyak banget.

gua sendiri paling2 yang gua ganti cuma kata2 yang sekiranya sering tampil dalam pesan di game GTA San Andreas seperti kata BUSTED (MAMPUS LOE), Wasted (BRENGSEK). Sedangkan kata2 yang lain hanya sebagian saja.

bos klo mw ngextract file GTA San Andreas ke PC pake software apa? Atau di copy-paste langsung aja? Tp apa bs?

bos klo mw ngextract file GTA San Andreas ke PC pake software apa? Atau di copy-paste langsung aja? Tp apa bs?

aq mw softwarenya... ;)

aq bingung bang...

@jeffersson stillwall

gak usah bingung bro..
ikuti aja petunjuknya dari awal.
Kuncinya satu. Harus sabar. Good Luck.

Bang , GTA SA gw bahasanya spanyol , trus kaga bsa di ganti ke english languange , gmna tuh bang ?

Bang , GTA SA gw bahasanya spanyol , trus kaga bsa di ganti ke english languange , gmna tuh bang ?

Gan ane mw gnti bhasa gta di android ko beda jauh ma yg di ss agan , cm ada huruf doank di kolom value.a ,, a-z gt

Itu buat ps mas..

mas mau nanya Gta text editot nya bisaga ga untuk game lain nya

Poskan Komentar