Home » , , » Tips Mempercepat Loading Blog atau Website

Tips Mempercepat Loading Blog atau Website

بِسْــــــــــــــــــمِ اﷲِالرَّحْمَنِ اارَّحِيم

Sangat menjengkelkan apabila kita mengunjungi sebuah blog dengan loading yang sangat lama. Jemu dan jenuh,, lain halnya jika web blog yang kita kunjungi loadingnya cepat, mungkin kita akan mengunjunginya lagi dan lagi.... Karena kecepatan loading web sangat berpengaruh dengan visitor pada sebuah web blog.

Kali ini saya akan memberikan beberapa tips  bagaimana mengoptimalkan loading sebuah blog atau website. Ada banyak cara untuk mengoptimalkan loading suatu website. Berikut ini akan saya sampaikan beberapa cara dari sekian banyak cara yang dapat kita lakukan. 

1. Template
Gunakan template yang sederhana tanpa gambar background. Dengan kita menggunakan template yang sederhana, apalagi tanpa ada gambar background maka loading website atau blog akan terasa ringan dibanding dengan web atau blog yang menggunakan background sebagai latar belakang template.

2. Minimalkan hiasan
minimalkan seminim-minimnya hiasan diblog yang berupa gambar. Jika kamu ingin menampilkan gambar, usahakan gambar tersebut kamu kompres dengan ukuran kecil agar tidak membebani saat loading. 

3. Singkirkan kode-kode yang tidak berguna
Menyingkirkan kode-kode yang tidak berguna dari template kamu juga dapat mempercepat loading blog kamu. Jika di template kamu terdapat kode JS, Jquery atau kode CSS yang tidak ada gunanya di blog, Lebih baik singkirkan dari sekarang.

4. Hindari menggunakan Plugin Komentar Tambahan
Maksudnya adalah fitur komentar yang asalnya bukan dari blogger. Pasti kamu pernah mendengar InstantDebate, Disqus, atau Fitur Komentar yang asalnya dari Facebook ? Jika blog kamu menginstall plugin-plugin tersebut, bisa dipastikan blog kamu berjalan lama. Kalau tidak percaya, coba kamu kunjung blog yang menggunakan fitur komentar dari  blogger dengan yang bukan dari blogger. Mana yang lebih cepat ?

5. Buang Widget yang tidak perlu
Memang memasang widget akan membuat tampilan blog lebih fresh dan berwarna, namun jangan terlalu banyak. Jika terlalu banyak memasang widget, dan membuat blog menjadi lama, kamu akan kehilangan para pengunjung blog kamu.

Segitu aja dulu tips dari saya. Semoga bermanfaat
Share this article :

+ komentar + 2 komentar

3:48 PM

klw blog saya cepet apa ndak saya ndak tau nih, tp tips di atas saya cb praktekin. mksh udah berbagi ilmu

11:12 AM

terima kasih infonya nih sob :)

Posting Komentar